Minggu, 29 November 2009

Sembelih Sifat Binatangmu !



Hari jumat kemarin, bagi ummat muslim sedunia sedang merayakan hari raya idul adha 1430 H. Pagi-pagi, setiap orang yang mengaku beriman dalam Islam berbodong-bondong ke tempat pelaksanaan shalat Idul Adha dan siangnya dilanjutkan shalat Jumat berjamaah di masjid-masjid. Di hari itu jutaan kaum Muslimin di seluruh dunia secara bersamaan mengucapkan Takbir, Tahmid dan Tahlil.

Hari raya Idul Adha atau kadang di sebut hari raya kurban. Di hari itu, di negara Saudi Arabia sana tepatnya di padang arafah jutaan  ummat muslim dari berbagai negara yang melaksanakan ibadah Haji sedang berpanas-panas ria sambil wukuf sebagai ibadah penutup.

Sama juga dengan ummat muslim di seluruh dunia secara berjamaah berpanas-panas ria di tanah lapang beralaskan tikar dan koran-koran bekas. Kecuali bila di tempat2 yang kebetulan hujan, berjamaahnya di masjid-masjid. Mereka tak peduli dengan panasnya terik surya pagi. Semua menikmati  panasnya sang matahari pagi dengan khusu’, sekhusu’ dalam shalat iednya dan khutbah idul adha. Selain harapan akan pahala dari yang Maha Pencipta juga mendapatkan asupan vitamin D sang surya pagi yang menurut kesehatan baik untuk tulang.

Disisi lain kawanan binatang-binatang kurban, sapi dan kambing menunggu di tambatannya siap untuk di sembelih. Tapi terkadang ada juga yang kabur, mungkin tahu mau di sembelih. Ada jutaan hewan kurban di seluruh penjuru dunia  menanti untuk di sembelih dengan sebilah pisau tajam.

Antrian mustahik [kaum dhuafa] menanti pembagian dari hewan yang telah disembelih. Mungkin hanya hari ini mereka  menyantap daging dengan bermacam2 olahan sekali setahun. mereka akan menyantap hidangan dari olahan daging yang tak ada bedanya dengan makanan orang kaya yang dermawan maupun yang bakhil sehari-hari.

Dengan berkurban di hari Ied, semoga jadi semangat untuk tidak meng”kambing hitam-kan” dan meng”sapi-perahkan” SESAMA KITA.

Mari Sembelih sifat ke”binatangan” kita.

Selamat hari raya idul adha 1430 H.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar