Rabu, 30 Juni 2010

Palestina ikut juga PD 2010

Mana ada negara Palestina ikut ? Bagi penggila bola pasti hafal luar kepala negara2 mana saja yang ikut. Tapi tunggu dulu bukan maksud saya kesebelasan Palestinanya ikut merumput memperebutkan tropi PD 2010 itu.

Kemarin sewaktu nonton duel Jerman vs Inggris saya sempat meliat tangkapan kameraman PD kibaran bendera palestina. Entah penonton itu dari negara palestina atau negara peserta? Tapi yang jelas maksud dari kibaran menandakan dukungan atas bangsa itu yang lagi kena blokade oleh Israel. Tak ada salahnya memang penonton mengibarkan bendera itu. Malah ada penonton wanita sampai buka baju sambil teriak2 tak jadi soal.

Tak berapa lama sebelum perhelatan sportakuler di Afrika Selatan berlangsung, kita masih pasti mendengar berita tentang misi perdamaian ke Gaza. Kapal Mavi Marmara membawa aktivis kemanusiaan. Tidak kurang atau hampir 600 orang dari 50 negara bersama berusaha memasuki pelabuhan di Gaza. Namun aksi ini terhadang oleh pasukan Israel.  diantaranya ada 6 orang yang dari indonesia.

kembali ke gegap gempita piala dunia. Sejak awal pembukaan piala dunia memang saya menanti2 kapan ada sedikit dukungan moral dari lapangan untuk sekedar memperlihatkan kedunia bahwa bukan saja aktivis kemanusiaan tapi juga para pemain2 bola juga bisa memberi dukungan moril. Sampai habis babak penyisahan grup dukungan dari lapangan belum ada. Untungnya sewaktu pertandingan yang saya sebut diatas kibaran bendera Palestina sudah ada. 


Kalo pun itu hanya dukungan dari pinggir lapangan oleh penonton, Lega dan haru rasanya melihat ada 2 orang mengibarkan bendera tersebut. 

 Sebenarnya sudah pernah ada aksi dukungan dari pemain dilapangan hijau kepada nasib bangsa palestina. Seperti dukungan oleh pemain turki yang menancapkan bendera palestina ditengah lapangan. 

Juga pemain Klub Sevilla asal Mali yang membuka bajunya untuk memperlihatkan kaos dalamnya yang bertuliskan "Palestina" usai mencetak gol.  Tentu saja semua itu dilakukan demi dukungan moral atas penderitaan bangsa palestina.

Untuk babak 16 besar sampai final nanti semoga ada aksi dari individual atau tim yang berlaga menunjukkan aksi solidaritas terhadap rakyat dan nasib bangsa palestina yang lagi kena blokade oleh Israel....

selamat nonton... Jagoanku di PD 2010, Argentina...


4 komentar:

  1. wahahaha dahsyat juga ternyata efeknya. semoga segera tuntas deh masalah palestina ga cuma pada omong doang...

    BalasHapus
  2. palestina lawan israel dari dulu gak selese selese ya, kemaren sempat nonton berita tentang wartawan yang ikut di kapal, wah ngeri ya kejadiannya. Aku pegang ghana aja ah.

    BalasHapus
  3. @rawins & blog penghasil... : Makaseh commentnya..

    BalasHapus
  4. Tindakan-tindakan sederhana dari para penonton dan pemain sepakbola untuk mendukung Palestina.
    Menurut saya sih ada cara lain yang lebih mendidik: Jaring pemain-pemain bola muda berbakat dari Palestina, lalu beri mereka beasiswa untuk ikut pembinaan klub bola di Liga Eropa atau Afrika.

    BalasHapus