Kamis, 17 Desember 2009

Musly Anwar, Pelukis Pahlawan Nasional


siapa ya orang di sekitarku yg bisa menginspirasi saya atau orang lain ? tanyaku. pikiranku kemana2 memikirkan jawabannya. daripada bingung dan bikin pusing mending kulupakan dulu sejenak. biarkan waktu yang memberi jawaban.

suatu malam waktu itu lagi di depan laptop, menginstall ulang program autocad buat gambar. posisiku waktu itu memang sedang membelakangi pintu masuk. tiba2 sebuah ucapan salam kedengaran pelan2 dari arah belakangku, tanpa menoleh kujawab salam itu kemudian persilahkan sosok itu masuk. masih menunggu install program selesai, sebersit tanya di benakku siapa ya ?

ku klik button finish, installed complete di laptopku. aku menoleh ke belakang, ternyata ada sosok yang sudah kukenal sebelumnya, namanya musly anwar. rambutnya ikal sedikit gondrong dan penampilan rada2 nyentrik. kupersilahkan duduk. saya masih duduk di depan laptop dan dia duduk disampingku.

gimana kabar ? basa-basiku. baik, jawabnya. sambil menyodorkan flash disk dia bilang “minta tolong di printkan file berextension jpg”. saya pun mengabulkan permintaannya, dan langsung kumasukkan flashdisknya ke slot usb. ku explorer isi flashdisknya dan menemukan file gambar yang akan di print. waktu itu gambar yang akan di print adalah desain batik. ini desain batikmu? tanyaku. iya jawabnya.

selesai print, kamipun ngobrol seputar kegiatan dan karya2nya. biar ngobrolnya asyik saya meminta tolong sama istri dibuatkan kopi. ngobrolpun berlanjut. dari ngobrol sekitar hampir 2 jam mengenai kegiatan2 berkeseniannya. tercetus di benakku, teman inilah “jawaban”  dari tanyaku. sosok yang bisa menginspirasi.

kupasang modem flash di laptop dan kubuka kompasiana.com. kuliatkan ke dia topik pilihan “sosok di sekitarmu (cj project), saya pun meminta izin untuk menuliskan tentang dia, kegiatan, karya dan prestasinya di kompasiana dengan “tag” sosok. dengan antusias dia mengatakan boleh sekali. kapan lagi orang bisa baca sosok dan karya2 saya sama pembaca kompasiana dan kompasianers, mumpung ada yang mau menuliskan sosok dan karya2ku.

saya kemudian melanjutkan dengan ngobrol sekaligus wawancara singkat untuk pendalaman tentang sosoknya, karya2nya dan kegiatan2nya.

Sejak kapan anda mulai berkesenian [melukis] ? wawancara di mulai.

sudah di mulai sejak dari kecil. makanya selepas sma dia melanjutkan pendidikan di universitas hasanuddin pada fakultas seni dan budaya.

diantara beberapa karya lukismu mana yang cukup berkesan dan membanggakan ? tanyaku.


atas kepercayaan pemerintah di tana luwu [kotif palopo, kab. luwu, luwu utara, luwu timur] kepadanya, karyaku yang sangat berkesan adalah lukisan seorang perempuan/wanita yang baru sekitar tahun (2006-2007) dinobatkan sebagai pahlawan nasional wanita dari tana luwu. namanya opu dg. risaju. lukisan itu sekarang berada di museum pahlawan nasional jakarta, terangnya.

bagaimana ceritanya melukis wajah seorang pahlawan wanita [opu dg. risaju] yang sudah meninggal puluhan tahun lalu ? tanyaku lanjut.

dia mengambil sebuah foto tua opu dg. risaju didompetnya, dia kemudian bercerita. dengan modal foto tua itu dia bisa melukis pahlawan nasional itu. karena waktu itu mesium pahlawan meminta foto sewaktu masih muda, diapun kemudian meminta izin pada keluarga pahlawan itu sambil meminta gambaran wajah semasa mudanya. dia kemudian melukisnya sesuai dengan gambaran dari keluarga pahlawan dan foto sewaktu tuanya. diapun bermimpi kalau suatu saat dengan foto lukisan pahlawan wanita tsb. bisa ada di  mata uang kertas kita. dia mengatakan pahlawan2 wanita yang pernah ada di mata uang kertas kita, diantaranya ra. kartini (jawa), cut nyak dien (aceh), pahlawan wanita itu semuanya berasal dari wilayah barat, belum ada pahlawan wanita dari wilayah timur indonesia.

kalau tentang desain batik, awalnya gimana sampai bisa mendesain batik ?



bermula dari kegiatan penelitian budaya pada beberapa anak suku di kedatuan luwu. dari penelitian budaya ini, saya banyak menemukan ragam2 hias. Diantaranya pada pakaian adat, gagang senjata tajam, alat musik tradisionalnya. Kemudian terpikir membuat desain batik untuk pemda2 di wilayah tana luwu [kotif palopo, kab. luwu,luwu utara, luwu timur] dengan memasukkan unsur2 dari ragam hias itu. atas kesediaan pemda luwu timur dan pt. inco  [dana community development] saya kemudian diberi kesempatan ke lawean [solo] untuk belajar membatik.

dimana saja anda pernah mengadakan pameran atas karya2 dan apa ciri khas lukisan  anda ?

pernah pameran lukisan di soroako, malili,masamba, palopo, belopa, manado dan jogyakarta.  saat ini saya mencoba membumikan ciri khas saya dalam melukis, yaitu lukisan yang bermotif bambu. sebuah inspirasi yang terlahir dalam mitologi sureg i lagaligo (kitab yang terpanjang didunia melebihi kitab mahabrata ramayana dari india serta syair2 omerus dari yunani) yang menceritakan tentang dewa2 yang turun dari khayangan dengan mengunakan bambu. dalam kitab itu menceritakan tokoh sawerigading yang artinya manusia yang terlahir dari rumpun bambu.

Untuk mengembangkan kegiatan berkesenian di tana luwu ini dia mendirikan sebuah lembaga kesenian [lps laga ligo], lembaga yang menghimpun seniman2 tana luwu dengan berbagai kegiatan, teater, seni lukis dan penelitian2 budaya tana luwu.


atas kegiatan kesenimanannya pada tahun 2008, dia terpilih sebagai pemuda pelopor bidang seni dan budaya mewakili propinsi sulawesi selatan.




2 komentar: