Kamis, 22 Oktober 2009

Yuk pasang widget Facebook di blogmu....


Sebelumnya saya ucapkan selamat atas pelantikan SBY-BOEDIONO, dan Para Menteri KIB2, semoga awal yang baik untuk Indonesia ke depan. Tak lupa juga saya selamat ultah yang pertama KOMPASIANA.



 


 

Ini kali pertama saya mencoba menulis di KOMPASIANA, sebelumnya hanya membaca tulisan2 yang muncul di KOMPASIANA hampir setiap hari. Sampai2 istriku jadi keranjingan juga membacanya artikel di KOMPASIANA, terutama postingan (artikel) mbak Mariska Lubis.

Di momen Ultah I Kompasiana ini saya ingin berbagi buat para blogger (yang punya blog, blogger&wordpress). Meskipun ini bukan sesuatu yang orisinil dari saya, cuma melanjutkan "ilmu" ini dari hasil penelusuran buat tambah widget di blogku yang baru seumur jagung, di google 2 hari yang lalu. tepatnya di  http://www.eksperimen.com/.

tadinya mau cari file2 HTML/java script untuk tambah logo2 di blogku, tapi akhirnya ketemu widget yang bisa memunculkan Facebook, situs jejaring sosial terpopuler, di blog anda. Dengan widget ini anda atau pembaca blog anda dapat mengakses/melihat di blog anda. Dengan widget ini anda dapat membuat status, membaca kotak masuk, dll, dari blog anda. Hebat bukan ?

Nama widget yang saya maksud namanya tiny facebook. Dan baru malam ini saya berhasil menambahkan di blogku (http://www.sabrydealnable.blogspot.com/). Melalui tulisan aku mau ucapkan terimakasih mas katim (depelover).

Ini dia cara memasang widget tersebut di blog anda: silahkan code utamanya :



terus paste-kan code diatas ke blog melalui pengaturan blog.
Sebenarnya meng-paster kan code di atas sudah muncul, tapi ada beberapa parameter yang bisa diatur

1.    Panjang atau tinggi widget bisa diganti-ganti! Hanya dengan menambahkan ?panjang=… Misalnya:



Tidak usah ditulis juga tidak apa-apa, karena saya sudah mengatur 350 sebagai panjang default-nya (ukuran panjang dalam ukuran pixel/px)

2.    Lebar widget juga bisa diganti! Caranya dengan menambahkan ?lebar=… Misalnya:



Apabila tidak ditulis, maka lebar widget akan menjadi 255 sebagai default (ukuran lebar dalam ukuran pixel/px)

3.    Ubah panjang dan lebar sekaligus! Tambahkan ?tinggi=…&lebar=… Misalnya:

Semoga tulisan ini bisa menambah perbendaharaan  buat ngeblog, selamat mencoba....bravo kompasiana....
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar